Zat Zat Berbahaya Bagi Anak

Di artikel sebelumnya kami membahas cara untuk menambah berat badan anak, ternyata salah satu caranya ialah memberikan makanan yang sehat dan menghindarkannya dari makanan cepat saji. Pada kesempatan ini kami akan menjelaskan tentang zat zat berbahaya bagi anak yang ada di makanan cepat saji.

Zat Zat Berbahaya Bagi Anak

 

Pasti sebagian besar orang tua sudah mengetahui, apa yang membuat makanan cepat saji bisa memberikan efek yang buruk bagi kesehatan anak. Alasan mengapa makanan cepat saji buruk untuk kesehatan anak adalah kandungan zat zat berbahaya bagi anak itulah alasannya.

Mungkin ada yang sudah mengetahuinya, namun membiarkannya begitu saja dan menganggapnya sepele. Untuk hal itulah kami akan memberi pengertian yang  berguna sebagai pengingat agar anda sebagai orang tua menjadi lebih bijak dalam memilih makanan untuk anak.

Zat zat berbahaya bagi anak terbagi menjadi 3 kelompok berdasarkan tujuan pembutan.

Zat Zat Berbahaya Bagi Anak Bahan Pewarna Buatan

Alasan mengapa bahan pewarna buatan banyak digunakan yaitu ketahanan warna yang dihasilkan bertahan lama, memiliki banyak warna, dan lebih murah dibandingkan dengan pewarna alami. Pewarna buatan ini dibuat dengan proses sintesis melalui rekayasa kimiawi.

Agar anda menjadi orang tua yang lebih teliti, kami akan memberitahukan zat pewarna buatan.

Tartazine

Zat ini biasa dicampurkan di makanan dan obat obatan. Efek dari zat ini adalah memberikan warna kuning pada makanannya. Bahaya dari zat ini ialah dapat membuat anak terjangkit penyakit.

Untuk zat zat lainya ada Eritrosin, Sunset Yellow, dan Allura Red AC.

 

Zat Zat Berbahaya Bagi Anak Bahan Pengawet Kimia

Terkadang ada makanan yang daya tahannya tidak begitu lama. Bagi para produsen makanan yang ingin makanan ingin bertahan lama menggunakan pengawet agar dapat bertahan lama. Akan tetapi ada produsen yang ingin membuat produknya bertahan lama dengan cara menggunakan zat pengawet makanan buatan.

READ  Cara Menguatkan Tulang Anak atau Balita

Karena pengawet buatan sangat membantu makanan agar bertahan lama dan harga yang murah. Zat pengawet makanan juga memiliki banyak macam yang digunakan sebagai campuran pada makanan.

Berikut merupakan zat zat pengawet makanan yang berbahaya bagi anak yang patut diwaspadai.

Zat Asam

Zat asam ini dibedakan menjadi 2 yaitu Asam propionat dan Asam Sitrat. Kedua zat asam ini memiliki perbedaan pada tujuan penggunaannya. Asam propionate digunakan mencegah tumbuhnya jamur. Dosis standar dari zat asam ini sekitar  0,32%.Jika berlebih maka akan menimbulkan efek samping jangka panjang.

Zat asam yang kedua adalah Asam Sitrat.Asam sitrat ini biasa digunakan sebagai campuran minuman yang berguna mengatur kadar keasaman minuman.

Benzoat

Zat ini juga berbahaya jika mengkonsumsinya secara sering bagi tubuh anak. Benzoat adalah sejenis garam mempunyai rasa payau dan berbentuk serbuk Kristal putih.

Kaporit

Zat yang sering digunakan untuk menjernihkan air kolam. Jika digunakan pada makanan pada anak akan menimbulkan  gangguan ginjal, merusak kolagen, dan  merusak folikel rambut.

Nitrat

Nitrat ini memiliki kegunaan untuk munculnya bakteri pada daging atau ikan. Kelebihannya adalah membuta warna merah pada daging atau ikan akan terlihat segar. Mengapa bahaya karena penggunan nitrat yang banyak pada makanan dapat menyebabkan keracunan.

Zat Zat Berbahaya Bagi Anak Bahan Penguat Rasa

Mungkin makanan yang bisa dikatakan enak untuk dimakan adalah makanan yang mempunyai rasa kuat dan tidak mudah dilupakan setelah mengkonsumsinya . Karena makanan yang enak dapat menimbulkan efek ketagihan. Namun yang menjadi pertanyaan ialah apa yang membuat makanan tersebut mempunyai rasa yang begitu kuat dan terasa lama. Bisa jadi makanan tersebut mengandung zat berbahaya bagi tubuh.

READ  Cara Menguatkan Tulang Anak atau Balita

Contoh dari zat penguat rasa ada beberapa yang bisa kami sebutkan :

Asam Glutamat

Monokalium Glutamat

Monoamonium Glutamat

Asam Inosinat

Zat zat diatas merupakan zat penguat rasa yang berbahaya jika sering mengkonsumsinya.

menetralisir zat zat berbahaya tersebut

Agar anak anda bisa terhindar dari zat zat berbahya bagi tubuhnya bisa dengan memberikan vitamin agar efek dari zat zat tersebut bisa dinetralisirkan.

Kini ada produk vitamin anak yang bisa menetralisirkan zat zat berbahay bagi anak tersebut secara perlahan dan pasti yaitu Madu Antariksa.

Jika anda membeli madu antariksa, coba anda lihat komposisi yang terkandung dalam Madu Antariksa tersebut. Komposisi Madu Antariksa bisa mennetralisir zat berbahaya tersebut.

Untuk membuktikannya anda bisa membelikan anak anda Madu Antariksa agar  terhindar dari efek samping zat berbahaya tersebut.

Shares 0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *